Berita

    Cara Membersihkan dan Merawat Velg Mobil

    Velg adalah cakram logam yang melingkari bagian dalam ban mobil dan berfungsi sebagai penyangga ban serta memberikan kekuatan struktural pada roda. Karena terletak di area ban, maka velg mobil adalah salah satu komponen yang rentan kotor dan rusak.

    Hal ini karena velg lebih mudah terpapar debu, kotoran, lumpur, dan residu lainnya dari jalan raya. Itu sebabnya, pembersihan dan perawatan secara berkala penting untuk dilakukan agar tampilan velg tetap terjaga dan umur pakainya semakin lama.

    Cara Membersihkan Velg Mobil

    Salah satu cara merawat velg agar tampilannya tetap menarik, kuat, dan tahan lama adalah dengan cara membersihkannya secara rutin. Adapun panduan cara membersihkan velg dengan benar adalah sebagai berikut.

    • Gunakan Alat Pembersih yang Aman

    Sebaiknya, gunakan sikat atau kuas yang lembut serta kain atau lap mikrofiber untuk membersihkan velg. Hindari penggunaan alat pembersih yang kasar karena dapat membuat permukaannya tergores.

    • Bilas dengan Air Bersih

    Setelah menyiapkan perlengkapan atau alat pembersih, siapkan air bersih untuk membilas. Sebaiknya, gunakan air mengalir atau selang agar dapat menjangkau kotoran dan debu pada sela-sela velg secara lebih efisien.

    • Gunakan Sabun Khusus

    Setelah dibilas dengan air bersih, gunakan sabun atau cairan pembersih khusus. Velg dapat terbuat dari material yang berbeda-beda, jadi sesuaikan cairan pembersih tersebut dengan jenis bahan velg Anda.

    • Bilas dan Keringkan

    Setelah dibersihkan menggunakan sabun, bilas kembali dengan air bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun tertinggal, karena dapat meninggalkan residu yang merusak velg. Terakhir, keringkan menggunakan kain atau lap mikrofiber yang bersih dan lembut.

    Tips Merawat Velg pada Mobil

    Freepik.com

    Selain mengikuti langkah-langkah pembersihan di atas berikut ini beberapa tips merawat velg mobil agar tetap terjaga kualitasnya:

    • Bersihkan Velg Secara Rutin

    Membersihkan velg secara rutin sangat penting untuk menjaga tampilan dan kualitasnya. Terutama jika Anda sering melewati jalan yang kotor atau becek, pastikan untuk membersihkannya secara lebih sering agar tidak mudah berkarat.

    • Hindari Melalui Jalan atau Medan yang Rusak