Berita

    Memahami Sensor ECT pada Mesin Mobil

    Ketika mesin kendaraan bermotor terasa cepat panas, ada beberapa indikator penyebab maslah tersebut. Seperti thermostar, radiator dan water pump. Salah satu penyebab panas mesin lainnya yaitu kelainan pada sensor ECT. 

    Engine Coolant Temperature atau sensor ECT adalah komponen sensor yang terdapat pada semua kendaraan bermotor dengan sistem injeksi. Sensor ini tidak hanya ada di mobil saja, tapi juga ada di kendaraan roda dua seperti motor.

    Fungsi ECT Sensor

    ECT adalah sensor pendingin pada mesin yang berfungsi untuk memberikan sinyal-sinyal kepada kipas radiator ketika mesin kendaraan sudah mulai panas. Sehingga dapat mencegah adanya overheat. 

    Sensor yang ada di blok mesin ini akan memberi sinyal ketika suhu dari air pendingin pada sensor berada pada suhu tidak normal. 

    Ada beberapa penyebab dari sensor ECT yang rusak pada kendaraan. Salah satunya yaitu pemakaian yang tidak bertanggung jawab juga jarang dilakukannya perawatan rutin. 

    Jika sensor ini rusak, maka mesin pada mobil akan menjadi lebih cepat panas. Kondisi ini jika dibiarkan akan membuat performa kendaraan menjadi terus menurun seiring berjalannya waktu dan mengakibatkan adanya pergantian mesin yang tentu tidak murah. 

    Tanda Kerusakan Sensor Engine Coolant Temperature

    Untuk mencegah adanya pemborosan karena mesin yang rusak, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tanda dari kerusakan sensor ini. Ada beberapa gejala sensor ECT rusak yang dapat diketahui yaitu sebagai berikut: 

            1. Asap Hitam dari Knalpot

    Asap hitam ini terjadi karena sinyal suhu yang salah dari ECT. Pembakaran yang sulit terjadi akan menyebabkan bahan bakar berlebih terbakar di knalpot, sehingga asap hitam pun akhirnya muncul dari sana.

            2. Jarak Tempuh Mobil Pendek

    ECT yang rusak akan mengirim tanda yang salah. Ia bisa saja mengindikasikan bahwa suhu mesin normal, namun sebenarnya adalah sebaliknya.

    Hal ini mengakibatkan bahan bakar mesin habis dengan cepat dan membuat jarak yang bisa ditempuh kendaraan menjadi lebih pendek dari yang seharusnya. 

            3. Lampu Check Engine Hidup

    Ketika lampu indikator check engine lamp menyala memang tidak hanya karena kerusakan pada sensor. Tapi menyalanya lampu ini mengindikasikan adanya kerusakan pada mesin, yang bisa saja terjadi karena rusaknya ECT.