Berita

    Tips Merawat Ban Serep Mobil agar Tetap Tahan dan Awet

    Sesuai dengan penamaannya, ban serep mobil hanya dipergunakan ketika ban utama mengalami masalah seperti bocor. 

    Meskipun jarang digunakan, pemilik mobil tetap wajib melakukan pemeriksaan rutin pada ban untuk memastikan kondisinya tetap bagus saat dibutuhkan kapan saja.

    Merawat ban cadangan sebenarnya tidak sulit, karena secara teknis prosesnya sama seperti merawat ban utama dan tentunya dilakukan secara rutin dan mendetail. Jangan sampai ban mobil yang semestinya menyelesaikan masalah malah menambah masalah!

    Bagaimanakah  Tips Perawatan Ban Serep Mobil yang Benar?

    Pemeliharaan ban dimulai dari pemilihan jenis ban itu sendiri. Tapi tak perlu cemas, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada ban. Coba perhatikan! Dengan menjaga kualitas dan kondisi ban, Anda akan lebih siap menghadapi situasi darurat di jalan.

    • Bersihkan Ban Dengan Lap Kering secara Rutin

    Meski ban seperti ini jarang digunakan, kebersihannya tetap harus diutamakan. Ban yang kotor dan jarang dibersihkan menjadi berkurang kualitasnya. Anda dapat membersihkannya dengan mengelapnya menggunakan kain kering.

    Dalam melakukan perawatan ban serep mobil, Anda tidak disarankan menggunakan lap basah atau menggunakan cairan pembersih berbahan apa pun. 

    Pasalnya air dari kain basah yang digunakan bisa mengendap di permukaan ban dan bisa menyebabkan karat. Karat ini kemudian dapat merusak velg ban, alhasil ban tidak dapat digunakan lagi.

    • Lakukan Rotasi Ban
    Pixabay

     

    Untuk memastikan fungsi dan kondisi ban tetap optimal, disarankan untuk melakukan rotasi antara ban yang satu dan ban yang lainnya. 

    Dengan cara ini, semua ban pada mobil akan berpartisipasi dalam pergerakan, yang dapat meredam risiko kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang keras.

    Namun, hal penting yang perlu diingat adalah ini hanya berlaku jika ukuran ban serep sama dengan ban utama.

    Melalui langkah merawat ban serep mobil ini, Anda dapat menjaga performa dan durabilitas semua ban pada kendaraan Anda. Jadi, selalu lakukan pemeliharaan ban secara rutin untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

    • Periksa Tekanan Udara pada Ban

    Tekanan udara memiliki peran krusial dalam menjaga kondisi ban agar tetap optimal dan siap digunakan saat diperlukan.