Berita

    Ini Bagian-bagian dari Ball Joint dan Cara Merawatnya

    Meski jarang terdengar, ball joint merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting. Kerusakan pada ball joint kendaraan bisa berakibat fatal dan mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

    Ball joint terletak di antara steering knuckle dan juga arm. Baik itu di lower arm maupun upper arm. Komponen dipasangkan dengan memanfaatkan baut dan dalam satu roda biasanya terdapat dua buah ball joint. Bentuknya sendiri mirip dengan tie rod dan bisa mengalami aus jika digunakan terus menerus.

    Fungsi ball joint sebagai penghubung antara arm dengan knuckle roda dan juga bekerja menjadi sumbu roda ketika ingin belok ke kanan dan kiri. Fungsi ball joint suspensi adalah untuk menerima beban pada kendaraan secara vertikal atau lateral.

    Oleh karena itu ketika berbelok beban tersebut akan diatasi dan Anda pun akan terasa ringan saat menyetir. Sistem kerjanya seperti sendi putar pada lengan sehingga mampu berputar secara bebas dan menyesuaikan pergerakan roda saat berjalan dan berbelok.

    Ada beberapa komponen dari ball joint yang harus diketahui.

    • Stud

    Merupakan komponen yang fungsinya untuk menahan serat mengikat muncul arm atau poros roda. Stud memiliki ulir yang fungsinya untuk memasang baut supaya poros pada roda dan komponennya menjadi lebih kuat.

    • Boot

    Komponen ini berfungsi untuk menutup sehingga semua kotoran akan terhalang dan menghindari merusak pergerakan dari komponen ini.

    • Housing

    Komponen yang memiliki dua fungsi yaitu menahan kotoran serta menahan stud menggunakan mekanisme gerak putar. Fungsi utamanya sendiri adalah menjadi rumah dari ball joint.

    • Seats

    Bagian ini berfungsi menjadi dudukan dari stud dan menumpang gerakannya. Sehingga perlu pelumasan secara berkala agar komponen ini tidak kendor. Alasannya karena tingginya gesekan antara stud.

    • Springs

    Merupakan komponen yang fungsinya sebagai penahan dari stud dan seat. Sehingga kedua komponen tersebut masih pada posisinya begitu juga dengan ball joint.

    Penyebab Ball Joint Cepat Rusak

    Ball joint sebenarnya dibuat agar tidak mudah rusak dan tidak perlu perawatan yang terlalu rumit. Namun tetap saja ada beberapa hal yang menyebabkan ball joint rusak dan tentunya merugikan pemilik kendaraan. Dan berikut adalah beberapa penyebab ball joint rusak.

    • Terlalu sering menerjang jalanan rusak dan banjir

    Penyebab pertama adalah jalanan rusak dan banjir. Ketika melewati kedua tipe jalan tersebut komponen akan kehilangan banyak pelumas dan gesekan yang ditimbulkan akan merusaknya.

    • Karet suspensi tak segera diganti