Berita

    Tips agar Tidak Terpancing Ngebut di Tol

    Jalan tol dibuat bebas hambatan, namun banyak sekali kasus kecelakaan terjadi di sana. Salah satu faktor penyebab kecelakaan di jalan tol adalah pengemudi ngebut dengan sembarangan. Anda bisa menerapkan tips agar tidak terpancing mengebut di tol untuk pencegahan.

    Sebagai informasi, jalan tol dibuat bebas hambatan supaya memperlancar lalu lintas dan pengendara bisa cepat sampai tujuan. Kondisi jalanan yang lengang kerap disalahartikan pengemudi untuk bebas ngebut di jalan dan berakhir dengan kecelakaan.

    Tips agar Tidak Terpancing Ngebut di Tol

    Supaya Anda tidak mudah terpancing ngebut di jalan tol yang sepi, berikut ada tips yang bisa Anda lakukan:

    • Tetap Menjaga Jarak Aman

    Kiat pertama, Anda perlu selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan meski dalam kondisi jalanan tidak terlalu ramai. 

    Menjaga jarak aman penting supaya jika kendaraan di depan tiba-tiba berhenti maka tabrakan bisa dihindari. Menjaga jarak aman juga bisa membantu Anda mengontrol kecepatan kendaraan sehingga Anda tidak terpancing untuk ngebut. 

    Adapun batas jarak aman mobil di jalan tol kurang lebih 40 m, jika Anda memacu kendaraan dengan kecepatan mencapai 60 km/jam. 

    Dalam tips ini, Anda juga bisa menerapkan rumus 3 detik. Adapun artinya, Anda bisa memajukan mobil Anda setelah kendaraan di depan Anda melaju selama 3 detik. 

    • Mengetahui Batas Kecepatan Aman

    Banyak pengemudi menambah kecepatan secara sembarangan karena tidak mengetahui atau tidak mematuhi batas kecepatan yang sudah ditetapkan. 

    Mengebut di lajur yang salah atau pada kondisi jalanan yang basah sangat berisiko menyebabkan pengemudi hilang kendali. Jadi, meski kondisi jalan tol sepi, Anda bisa mengontrol laju mobil agar tetap pada batas kecepatan aman. 

    Adapun batas kecepatan aman di jalan tol sesuai dengan Undang-undang adalah minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. 

    Berbeda lajur jalan yang digunakan maka kecepatan yang digunakan juga berbeda. Apabila Anda berada di lajur kiri maka kecepatan yang dipakai adalah 60-80 km/jam. 

    Sedangkan ketika menggunakan lajur kanan maka gunakan kecepatan maksimal 100 km/jam.

    • Tidak Sembarangan Menyalip

    Tips agar tidak terpancing mengebut di tol adalah dengan tidak mendahului kendaraan. Lebih tepatnya, Anda tidak boleh menyalip kendaraan di depan Anda dengan asal menaikkan kecepatan mobil. 

    Anda perlu menghidupkan lampu sein dan menggunakan lajur kanan dengan kecepatan maksimal 100 km/jam saat ingin menyalip kendaraan di depan Anda.

    • Gunakan Lajur Jalan Sesuai Aturan

    Di jalan tol terdapat 3 lajur jalan yaitu lajur kiri, tengah, dan kanan. Pastika Anda berkendara sesuai aturan. 

    Gunakan Lajur Jalan tol Sesuai AturanFreepik.com

    Lajur kiri dan tengah digunakan jika Anda tidak ingin menyalip. Sedangkan lajur kanan hanya digunakan ketika Anda ingin menyalip kendaraan di depan Anda.

    • Fokus pada Kondisi Jalan

    Saat berkendara pastikan Anda fokus pada kondisi jalanan bukan pada hal lain yang bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi seperti ponsel. 

    Selain itu, jangan ngebut karena terpancing emosi melihat kendaraan lain menyalip dengan kecepatan tinggi atau merasa Anda paling jago dalam berkendara. 

    Apabila Anda ngebut dan tidak fokus pada kondisi jalanan, maka sangat berisiko menyebabkan diri hilang kendali.

    Pastikan saat mengemudi tubuh Anda dalam kondisi fit dan tidak mengantuk. Berkendara dengan kecepatan tinggi dan dalam kondisi mengantuk sangat berisiko menyebabkan tabrakan.

    Itulah beberapa tips agar tidak terpancing mengebut di tol yang bisa Anda coba. Selalu waspada dan bijak dalam menggunakan kecepatan supaya selamat sampai tujuan! Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi tentang otomotif, akses suzukitradajateng.co.id!