Berita

    Kenali Fungsi Cairan Engine Flush

    Anda mungkin pernah mengalami disarankan untuk menggunakan cairan engine flush oleh teknisi pada saat ganti oli. 

    Biasanya, saran tersebut ditujukan kepada mobil yang sering digunakan dan jarang dibersihkan. Akibatnya, komponen mesin menjadi kotor dan tertutup oleh kerak oli. 

    Apabila tidak segera dibersihkan, maka komponen tersebut akan rusak dan harus segera diganti yang tentunya akan membuat Anda harus mengeluarkan banyak biaya. Sebenarnya, apakah engine flush itu dan bagaimana mekanisme kerjanya? Berikut ulasannya. 

    Apa Itu Cairan Engine Flush

    Sebelum membahas lebih jauh mengenai fungsi dan cara kerjanya, ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan engine flush

    Cairan engine flush adalah kimia yang umumnya digunakan untuk membersihkan mesin mobil. Cairan ini diklaim ampuh untuk membersihkan kotoran dan juga kerak oli yang membandel pada mesin mobil. 

    Fungsi Engine Flush Pada Mesin Mobil

    Di beberapa kasus, kerak oil yang sudah menumpuk pada mesin, lama kelamaan akan membuat performa mesin menjadi semakin menurun. 

    Bahkan, ada yang sampai merusak komponen yang ada di dalam mesin. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk membersihkan kerak oli tersebut secara berkala. 

    Selain performa mesin tetap terjaga, pembersihan kerak oli yang dilakukan secara rutin juga bisa memperpanjang usia mesin. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi engine flush pada mesin kendaraan. 

            1. Bersihkan Sisa Kerak Oli

    Fungsi engine flush yang pertama adalah untuk membersihkan semua sisa-sisa kotoran dan kerak oli yang menempel pada bagian mesin mobil. 

    Manfaatnya akan lebih terasa jika Anda menggunakan engine flush tersebut pada saat melakukan pengurasan oli mesin. Dengan cara ini, proses pelumasan pada mesin akan menjadi lebih mudah dan lancar. 

            2. Performa Mesin Lebih Terjaga 

    Fungsi cairan engine flush yang kedua adalah membuat performa mesin menjadi lebih baik dan bisa bertahan lama. Sebab, komponen yang ada pada mesin mobil sudah bersih dari semua kotoran dan kerak oli yang mengendap. 

            3. Melindungi Mesin dari Kerak

    Fungsi yang ketiga adalah mampu menghalangi endapan kotoran yang menempel di bagian mesin mobil. Apalagi jika menggunakan engine flush secara rutin, maka mesin kendaraan Anda akan semakin terlindungi dari kerak oli yang mengganggu.