Berita

    10 Spare Part yang Harus Anda Pahami Kegunaannya

    Dibalik mesin mobil, ada spare part mobil yang kompleks dan saling bekerjasama agar dapat bergerak dan mengangkut penumpang ke tempat tujuan. 

    Nah, dari banyaknya komponen tersebut, ada komponen penting yang wajib untuk Anda pahami kegunaannya. Jadi, ketika ada masalah, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan. Apa saja spare part tersebut? Mari intip daftarnya! 

    Daftar Spare Part Mobil yang Wajib Dipahami Pengemudi

    Sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda wajib mengetahui spare part penting yang ada di dalamnya. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

    • Aki Mobil

    Tugas komponen ini untuk menyediakan tenaga saat mesin mulai dinyalakan dan memastikan jika semua komponen pada sistem kelistrikan mobil dapat berfungsi. 

    Maka, ketika mobil mogok, penting untuk memeriksa kondisi aki dan memastikan masih berfungsi. Anda juga wajib menggantinya secara rutin. 

    • Alternator

    Komponen alternator bertugas untuk mengisi daya pada aki dengan cara mengubah energi gerak ke energi listrik ketika mobil beroperasi. Dengan begitu, sistem kelistrikan mobil akan berfungsi sebagaimana mestinya. 

    Alternator yang mulai aus akan memberikan tanda berupa lampu depan mulai meredup dan mesin sulit untuk dinyalakan. 

    • Busi

    Komponen busi berperan penting dalam proses pembakaran karena menentukan seberapa efisien mesin dalam mengkonsumsi bahan bakar. 

    Oleh karena itu, besi harus selalu dibersihkan dan diganti secara rutin agar mobil tidak mogok. Tanda-tanda busi sudah aus adalah mobil yang sudah tidak mampu dinyalakan lagi mesinnya. 

    • Oli dan Filternya

    Selain busi, oli dan filter juga wajib untuk diganti rutin. Pasalnya, komponen ini bertugas untuk melumasi mesin agar performanya maksimal serta dapat mengurangi gesekan antar komponen mesin. 

    Standarnya, Anda diharuskan untuk mengganti oli setiap 1000 km. Namun, untuk mobil yang digunakan bepergian setiap hari, alangkah lebih baik bila oli diganti setiap bulan. 

    • Rem

    Spare part mobil selanjutnya adalah rem yang berperan untuk memperlambat maupun menghentikan laju kendaraan, serta menjaga agar mobil tetap di tempat sewaktu parkir. 

    Pastikan untuk selalu mengecek kondisi rem sebelum bepergian. Sebab, komponen ini memiliki perananan penting untuk menjaga keselamatan Anda selama berkendara. 

    • Kampas Re

    Di dalam mesin mobil, ada dua jenis kampas yaitu kampas untuk kopling dan satunya kampas untuk rem.

    kampas remFreepik.com

    Kampas kopling bertugas untuk memberikan daya/tenaga ke roda. Sedangkan kampas rem berperan untuk menahan agar mobil tidak mudah tergelincir sewaktu pengereman dilakukan. 

    • Radiator

    Ketika mobil dikendarai, mesin akan panas. Bila tidak ada pendingin, komponen lain bisa rusak dan mobil mogok. Oleh karena itu, diperlukan radiator yang berperan untuk mendinginkan mesin serta meningkatkan performanya. 

    • Transmisi

    Mobil tidak akan berjalan tanpa adanya spare part mobil yang bernama transmisi. Nah, transmisi ini akan menyalurkan tenaga dari mesin ke roda melewati beberapa komponen. 

    Untuk transmisi manual, dikontrol oleh pengemudi memakai tuas persneling untuk memindahkan gigi. Sedangkan transmisi otomatis tidak membutuhkan kontrol dari pengemudi ketika akan berpindah gigi. 

    • Shock Absorber

    Komponen ini berfungsi untuk menstabilkan kendaraan ketika melewati jalanan yang bergelombang, menurun, atau bahkan jalan lurus. Tujuannya, agar pengendara dan penumpang tetap nyaman dan tidak terpental. 

    • Catalytic Converter

    Pada sistem pembuangan kendaraan, ada komponen catalytic converter yang berfungsi untuk mengatur emisi kemudian membuangnya secara efisien. 

    Ketika catalytic converter bermasalah, performa mesin juga akan terganggu serta terjadi pemborosan dalam mengkonsumsi bahan bakar.