Berita

    8 Penyebab Ban Mobil Gampang Kempes

    Pernah mengalami ban tubeless saat di perjalanan? Bisa jadi ini merupakan tanda ban mobil gampang kempes secara tiba-tiba. Lantas apa penyebab ban sering kekurangan angin?

    Meski ban selalu diisi angin secara rutin, namun di beberapa kondisi ban bisa kempes mendadak. Pada artikel kali ini, Anda dapat mempelajari apa saja penyebab ban mobil mudah kempes secara tiba-tiba. 

    8 Penyebab Ban Mobil Gampang Kempes Mendadak

    Ada banyak faktor yang menyebabkan alasan ban sering mengalami tubeless terutama saat digunakan pada perjalanan jauh. Berikut 8 alasan yang bisa menjadi penyebab pada kondisi ban kempes.

    • Tekanan Angin Berkurang

    Ini merupakan alasan umum yang sering terjadi akibat adanya pengaruh tekanan udara yang berkurang. Hal ini bisa dikarenakan karena tekanan udara di dalam ban perlahan menyusut akibat perubahan suhu. Contohnya pada saat mobil diparkirkan dalam waktu lama di cuaca suhu yang sangat dingin.

    • Valve Ban Rusak

    Kondisi valve ban yang bermasalah juga bisa menjadi alasan utama ban mengalami pengempisan. Komponen yang terbuat dari karet tersebut dapat mengeras dan menimbulkan keretakan di sekeliling seiring berjalannya waktu. Akibatnya ini menimbulkan ban menjadi gampang kempes meski sudah diisi angin secara berulang.

    • Pemasangan Pentil Ban Tidak Sesuai

    Permasalahan lainnya juga bisa disebabkan karena pemasangan pentil ban yang tidak baik. Seperti yang diketahui, pentil ban berguna sebagai penutup untuk melindungi katun ban agar tidak terkena debu dan kotoran. Jika komponen tersebut tidak tertutup rapat, maka bisa merusak ban dan membuat roda mobil mudah kekurangan angin.

    • Ban Tertusuk Benda Tajam

    Alasan ban mobil yang sering kempes selanjutnya adalah karena tertusuk benda tajam seperti paku, beling, atau pisau. Jika dibiarkan dalam waktu lama, tentu ini menimbulkan masalah bocor halus. Mobil dengan kondisi ban seperti ini pun akan hilang kestabilan ketika dikemudikan. 

    ban mobil kempes dan rusak

    • Velg Mobil Bermasalah

    Kondisi lainnya yang menyebabkan ban bocor dan gampang kempes adalah komponen velg yang bermasalah. Seperti contoh velg mobil terlihat peyang atau sudah karatan, hal ini menyebabkan dudukan ban tidak dapat menempel dengan sempurna. Udara di dalamnya pun tidak dapat terisolasi dengan baik sehingga membuat isi ban kekurangan angin secara terus menerus.

    • Mobil Parkir Terlalu Lama

    Alasan selanjutnya mengapa ban mobil gampang kempes adalah karena diparkirkan dalam jangka waktu yang lama. Ketika mobil parkir dalam waktu 3-4 minggu, Anda mungkin bisa merasakan terjadinya perubahan tekanan udara pada ban. Tentunya, semakin lama mobil parkir, maka semakin besar pula peluang ban mobil menjadi kempes.

    • Penutup Lubang Angin Hilang

    Saat mengisi angin pada ban mobil, maka harus selalu diingat untuk menutup lubang angin dengan rapat. Jika penutup lubang angin hilang, tentu ban akan kempes secara perlahan atau mendadak. Maka dari itu, penting untuk mengecek apakah penutup lubang angin terpasang dengan benar setiap ingin berkendara.

    • Benda Asing di Jalan

    Saat mobil berjalan dengan kecepatan tinggi, seringkali tidak sadar mengenai benda asing yang menyebabkan ban tiba-tiba kempes. Baik itu terkena goresan atau benturan keras, ini tidak hanya menyebabkan ban kempes, tapi bisa merusak komponen ban lainnya. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan setelah melintasi jalan dengan medan yang ekstrim.

    Oke, itu dia 8 penyebab mengapa ban mobil gampang kempes saat di jalan. Masalah ini tentunya harus segera Anda atasi dengan melakukan perbaikan ke bengkel resmi dan terpercaya.