Berita

    Simak Fungsi Noken As Motor

    Noken as adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang istilahnya berasal dari bahasa Belanda, yaitu nokkenaas. Sedangkan dalam bahasa Inggris, komponen ini disebut sebagai camshaft.

    Melalui cara kerjanya, camshaft memiliki fungsi yang sangat krusial dan vital bagi mesin. Oleh karena itu, kenali seperti apa cara kerja hingga apa saja fungsinya bagi suatu kendaraan bermotor sedetail mungkin.

    Apa Itu Noken As pada Motor dan Cara Kerjanya

    Pada dasarnya camshaft adalah suatu komponen yang terdiri dari sebuah poros yang berputar serta memiliki beberapa kemiringan dan lekukan pada permukaannya, dengan fungsi utama untuk membuka dan menutup katup atau klep (valve) dalam silinder head.

    Jadi, bisa dikatakan bahwa komponen ini berperan sebagaimana paru-paru pada sistem tubuh. Komponennya terdiri atas 2 bagian utama, yaitu journal (bagian batang yang berhubungan dengan gigi sentrik dan dudukan laher) serta lobe (tonjolan pengatur buka tutup klep)

    Cara kerja noken as pada motor yaitu melalui perputaran yang digerakkan oleh rantai keteng yang terhubung dengan kruk as atau crankshaft. Putarannya sendiri dihasilkan oleh tenaga putaran dari kruk as, di mana 2 kali putaran crankshaft menghasilkan 1 putaran camshaft.

    Untuk mengatur buka tutup klep, camshaft bekerja dengan cara mendorongnya melalui dua tonjolan yang disebut lift. Saat terjadi perputaran, satu lift akan mendorong klep in dan lift yang lainnya berfungsi untuk mendorong klep ex.

    Keduanya bekerja secara bergantian. Ketika klep in terbuka, bahan bakar serta udara akan mengalir ke ruang bakar. Sedangkan ketika klep ex terbuka, sisa hasil pembakaran akan terbuang keluar menuju exhaust.

    Fungsi Noken As pada Motor

    Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa fungsi utama camshaft pada sepeda motor adalah untuk membuka dan menutup katup. Adapun penjelasan terkait berbagai fungsinya secara lebih rinci adalah sebagai berikut:

    • Mengatur Buka Tutup Klep

    Camshaft akan mengatur saat dan durasi buka-tutup klep agar sesuai dengan langkah piston. Klep yang terbuka memungkinkan udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder, sedangkan klep yang tertutup memungkinkan gas buang keluar dari silinder. 

    • Mempengaruhi Performa Mesin

    Cara kerja camshaft secara tidak langsung akan mempengaruhi performa mesin. Misal, jika ingin mendapatkan torsi pada putaran rendah, maka timing buka tutup klep perlu dimajukan, begitupun sebaliknya untuk memperoleh torsi di putaran tinggi.

    • Meningkatkan Efisiensi Mesin