Berita

    Ketahui Fungsi Pedal Kopling dan Cara Kerjanya

    Pada mobil dengan transmisi manual terdapat pedal kopling mobil. Di antara tiga pedal yang ada di mobil, pedal kopling ada di sisi paling kiri. Komponen ini memiliki peran penting untuk membuat mobil dapat melaju dengan lancar. 

    Pedal kopling bekerja menghubungkan dan juga memutuskan putaran mesin ke sistem transmisi. Kopling juga memungkinkan mobil mengatur kecepatan laju mobil dengan lebih mudah. Karena itulah pedal kopling jadi komponen esensial untuk mobil.

    Fungsi Pedal Kopling Mobil

    Fungsi utama pedal kopling pada mobil ialah menghubungkan putaran mesin ke transmisi dan juga memutuskannya. Namun bila dijelaskan lebih detail, pedal kopling memiliki peran yang cukup banyak, di antaranya yaitu: 

    • Meneruskan Tenaga Mesin ke Roda 

    Pedal kopling bertugas sebagai komponen yang menyambung dan memutus tenaga dari mesin ke bagian roda mobil. Sistem kerja ini harus melalui bagian transmisi. 

    • Membantu Mobil Bergerak 

    Pedal kopling berfungsi mengangkat mesin setelah penyambungan tenaga mesin berhasil. Membantu mobil bergerak secara perlahan saat pertama kali dikemudikan. 

    • Melakukan Perpindahan Gigi

    Pedal kopling juga berperan penting dalam proses perpindahan gigi. Pengemudi harus menginjak pedal kopling bila hendak mengubah percepatan. Pedal kopling juga menjaga laju mobil tetap stabil saat pengemudi menggerakkan tuas persneling mobil. 

    • Menghentikan Mobil tanpa Mematikan Mesin

    Ketika Anda berkendara di kondisi jalan yang macet, kopling memungkinkan Anda membuat mobil berhenti tanpa harus mematikan mesin. Cukup injak pedal kopling dan atur persneling ke nol. Mobil bisa diam di tempat dalam kondisi mesin tetap menyala.

    • Menjaga Kondisi Mobil

    Penggunaan pedal kopling juga bisa menjaga performa mobil. Salah satunya menjaga komponen rem tetap berfungsi optimal dan tidak mudah rusak. 

    Cara Kerja Pedal Kopling Mobil 

    Cara kerja pedal kopling sebenarnya cukup sederhana. Kopling pada mobil transmisi manual bekerja dengan gerakan yang muncul dari gesekan di antara dua pelat, yaitu flywheel dan plat kopling. 

    • Ketika Pedal Kopling Diinjak

    Ketika pedal kopling diinjak kopling akan memutuskan putaran dari mesin atau lebih tepatnya poros engkol ke transmisi. Membuat transmisi tidak mendapatkan tekanan dari mesin.