Berita

    Ketahui Fungsi Intake Manifold

    Intake manifold adalah salah satu dari sekian banyak komponen dalam sistem pembakaran mesin pada mobil Anda. Terdapat berbagai fungsi dari komponen ini, sehingga kinerja mesin mobil dapat menjadi optimal.

    Ada baiknya Anda mengetahui berbagai hal terkait komponen ini. Anda juga perlu tahu apa saja peran dan fungsinya.

    Fungsi dari Intake Manifold

    Komponen ini bekerja dalam hal menyalurkan campuran bahan bakar mobil dan udara. Campuran tersebut disalurkan dari karburator menuju ke ruang bakar yang berada di bagian tabung mesin.

    Selain itu, komponen ini juga menjadi pengatur dalam sirkulasi udara dalam mesin mobil. Dengan adanya pengaturan sirkulasi udara yang baik, maka mesin mobil dapat berjalan dengan optimal.

    Komponen ini sangat penting untuk mobil, sebab memiliki berbagai peranan yang penting untuk mendukung kinerja dari mesin mobil. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing peran dan fungsi dari komponen ini.

    • Menyalurkan Udara ke Bagian Mesin

    Fungsi pertama yaitu untuk menyalurkan udara ke bagian mesin mobil. Udara yang berada di luar mobil, akan diisap untuk bisa masuk ke bagian silinder mobil.

    Udara yang berada di luar mobil, dapat mengalir dan melewati berbagai bagian mobil. Bagian ini adalah saringan udara, throttle body, intake manifold, serta nantinya akan masuk ke bagian silinder mesin mobil. 

    Fungsi penting dari komponen ini adalah untuk membantu mesin mobil sehingga mendapatkan kapasitas udara yang tepat. Komponen ini dapat menyatukan semua udara yang bersih, kemudian disalurkan ke silinder mesin mobil.

    • Mengatur Adanya Turbulensi Udara

    Fungsi berikutnya adalah untuk mengatur supaya ada turbulensi udara. Turbulensi udara tersebut akan menembus hingga ke dalam tabung mesin.

    Sirkulasi udara juga dapat diarahkan untuk masuk. Pastinya, udara perlu dimasukkan dengan volume yang sesuai, sebelum nantinya akan bergerak menuju tabung pembakaran. Turbulensi akan tercipta dalam proses ini.

    Fungsi dari turbulensi udara yaitu untuk mengoptimalkan proses pencampuran bahan bakar dan udara yang berada di tabung mesin. Hal ini dapat membuat proses pembakaran yang terjadi di sana juga menjadi optimal.

    • Menggabungkan Bahan Bahan Bakar dan Udara

    Komponen ini juga berfungsi dalam proses untuk menggabungkan atau mencampurkan bahan bakar dan udara. Kedua hal tersebut akan dicampurkan untuk menjadi homogen.