Berita

    Ketahui Cara Parkir Mobil Matic Yang Benar

    Ketika seorang pemula sudah mahir menyetir mobil, maka tantangan berikutnya yang dapat ditemukan berupa bagaimana caranya supaya bisa pandai dalam hal parkir mobil. Memarkirkan mobil merupakan pengalaman baru bagi pemula sehingga dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sulit.

    Hal yang patut diwaspadai bagi pemula ketika akan memarkirkan mobil, yaitu menabrak mobil lain yang sudah terparkir sebelumnya atau bisa juga menabrak tepian jalan.

    Teknik dasar untuk memarkirkan kendaraan kurang lebih sama pada setiap mobil. Namun, akan berbeda ketika memarkirkan mobil antara mobil jenis manual dengan jenis otomatis atau matic

    Mobil manual adalah mobil yang pengoperasiannya membutuhkan tangan dan kaki untuk melakukannya. Kedua kaki kiri dan kanan berfungsi untuk menginjak pedal gas dan rem, sedangkan tangan selain memegang kemudi juga diharuskan untuk memegang tuas transmisi demi gigi mobil berpindah.

    Sementara pada mobil matic, dalam pengoperasiannya tidak terlalu memainkan peran tangan dan kaki yang begitu berarti, dalam artian kaki hanya untuk menginjak pedal rem dan gas serta tangan memegang kemudi.

    Pengoperasian yang berbeda ini juga merujuk kepada bagaimana ketika harus memarkirkan sebuah mobil. 

    • Cara parkir mobil matic

    Memarkirkan mobil matic bagi pemula harus sering dilatih, agar tidak mencelakakan diri sendiri maupun orang lain. Berikut adalah cara parkir untuk Anda yang menggunakan mobil matic:

            1. Mencari area parkir yang lapang

    Untuk permulaan, belajar memarkirkan mobil sebaiknya di area yang terbuka dan lapang. Anda juga harus belajar cara parkir mundur. Hal ini dimaksudkan supaya dapat meminimalisir kemungkinan yang dapat terjadi seperti menabrak dinding pembatas apabila langsung belajar di area tertutup dan sempit.

            2. Memanfaatkan spion

    Kaca spion berfungsi untuk menunjukkan kondisi di belakang kendaraan. Ketika memarkirkan kendaraan, kaca spion sangat berguna dalam hal menampilkan keadaan di sekitar mobil supaya pengemudi bisa mengetahui kemana harus bergerak.

            3. Memberi jarak

    Cara parkir mobil bagi pemula adalah dengan memberi jarak dengan pembatas jalan maupun kendaraan lain diperlukan supaya tidak berisiko bergesekkan.

            4. Menyalakan lampu sen