Berita

    Ketahui Fungsi dari Memasang Big Brake Kit

    Big brake kit atau yang juga sering disingkat dengan BBK merupakan sebutan lain komponen pengereman yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan bawaan pabrikan mobil. 

    Untuk beberapa orang, pemasangan BBK mungkin dilakukan agar hanya agar terlihat keren ataupun untuk bergaya saja. Padahal, terdapat fungsi khusus mengapa pemasangan BBK ini dilakukan. 

    Fungsi Pemasangan Big Brake Kit

    Ada berbagai macam fungsi big brake kit ini, seperti:

            1. Pengereman Jauh Lebih Pakem

    Ketika pemasangan BBK dilakukan, performa dari pengereman mobil akan mengalami peningkatan mulai 40 hingga 60 persen besarnya. Seperti yang kita ketahui, mobil yang telah dimodifikasi akan mengalami peningkatan performa yang tajam.  

    Dengan peningkatan performa yang tajam ini, tentu juga diperlukan sistem pengereman yang mempunyai performa tinggi. Umumnya, modifikasi mobil dilakukan pada mobil balap. 

    Tetapi, pada mobil harian yang telah dilakukan modifikasi bagian mesin, dan membuat powernya menjadi semakin kencang, tidak ada salahnya memasang BBK ini. 

            2. Lebih Kuat Serta Tahan Lama

    Kelebihan lain yang dimiliki komponen BBK ialah lebih tahan panas serta lebih kuat bila dibandingkan dengan pengereman standar. Sehingga, kinerja rem menjadi maksimal, walaupun mobil dipacu dengan kecepatan tinggi. 

    Beberapa mobil sport bahkan memasang BBK yang berasal dari bahan composite ceramic, dengan bahan yang berkualitas ini, keamanan pengguna menjadi lebih terjamin. 

            3. Penampilan Mobil Menjadi Semakin Meningkat

    Fungsi big brake kit yang lainnya adalah penampilan mobil menjadi semakin meningkat. Untuk pecinta otomotif yang gemar melakukan modifikasi, kendaraan yang telah menggunakan BBK tentu dapat meningkatkan gengsi untuk pemiliknya. 

    Bahkan, dengan pemasangan BBK, penampilan mobil juga dianggap lebih sporty dan keren. Di ajang modifikasi, pemasangan BBK juga dapat menambah poin khusus untuk kendaraan. 

    Bila semakin besar diameter BBK serta penggunaannya yang berada di bagian depan dan belakang, dapat menambah nilai tambah di mobil. Inilah alasan mengapa tidak sedikit mobil yang melakukan modifikasi dengan menambah BBK. 

    Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memasang Big Brake Kit

    Apakah Anda ingin memasang BBK? Bila ingin memasang BBK, umumnya penjual akan mempergunakan ukuran pelek mobil untuk acuannya. Hal ini disebabkan karena banyak BBK yang tersedia mulai diameter cakram hingga ukuran kaliper.