Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Storing Audio Mobil

    Speaker pada mobil tentu memiliki peran yang cukup penting untuk membuat perjalanan Anda terasa lebih nyaman dengan mendengarkan musik atau radio. 

    Namun, akan sangat mengganggu  apabila speaker mobil Anda menghasilkan suara desingan, kondisi semacam ini disebut juga sebagai storing audio mobil. 

    Apabila Anda mendengar suara semacam itu, tidak usah panik, karena hal semacam ini tidak berbahaya. Sekalipun tidak berbahaya, namun apabila dibiarkan tentu akan sangat mengganggu dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. 

    Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor-faktor penyebabnya dan cara mengatasinya dengan tepat terlebih dahulu. 

    Apa Itu Storing Audio Mobil? 

    Storing mobil merupakan suatu kondisi dimana munculnya suara desingan yang terdengar dari speaker mobil pada saat mobil sedang berjalan. Biasanya suara akan muncul ketika mesin berada pada putaran tinggi. 

    Perlu diketahui bahwa suara ini tidak dihasilkan dari mesin mobil melainkan dari speaker mobil yang diakibatkan oleh berbagai faktor. 

    Faktor Penyebab Munculnya Storing Pada Mobil

    Berikut ini beberapa faktor umum penyebab terjadinya storing pada audio mobil : 

    • Kabel yang Bermasalah 

    Kabel yang rusak dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya storing. Kabel dengan kondisi yang masih layak ditandai dengan warna kabel yang masih cerah dan tidak ada bagian yang terkelupas. 

    Untuk mengecek bagus tidaknya aliran listrik yang dihantarkan, Anda dapat menggunakan voltmeter untuk memastikannya. 

    • Aki Soak

    Aki berfungsi untuk menyimpan daya listrik pada mobil yang akan digunakan oleh seluruh komponen elektronik yang ada pada mobil termasuk speaker. 

    Apabila kondisi aki mobil Anda sudah tidak baik atau soak, tentu membuat kinerja komponen elektronik pada mobil tidak maksimal. 

    • Instalasi Audio yang Bermasalah 

    Faktor lain yang dapat menjadi penyebab storing yaitu instalasi audio yang bermasalah. Kondisi semacam ini dapat terjadi apabila Anda memasang sistem audio secara custom. 

    • Masalah Pada Kabel Busi

    Kabel busi yang rusak atau bocor dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan dari audio mobil. Ini dikarenakan kebocoran tegangan kabel busi dapat merembet ke area lain dan menghasilkan tegangan yang besar dan menghasilkan suara yang aneh. 

    • Ground yang Bermasalah