Berita

    Tips Membersihkan Dashboard yang Sudah Kusam

    Cara membersihkan dashboard mobil bisa Anda mulai dengan membersihkan interior mobil terlebih dahulu. Menjaga kebersihan interior mobil menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Apalagi pada kendaraan yang sudah berumur.

    Jangan sampai kabin mobil Anda kotor sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara. Salah satu bagian dari interior yang perlu dilakukan pembersihan secara rutin adalah dashboard. Bagaimana cara membersihkan dashboard mobil dengan benar? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

    Untuk membersihkan dashboard mobil, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, menggunakan produk pembersih khusus. Kedua, menggunakan bahan-bahan yang sering ditemukan di rumah. Mari dibahas satu persatu.

    1. Alat Penyedot Debu

    Produk pembersih khusus pertama yang bisa membersihkan dashboard adalah alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Alat ini berbentuk cukup kecil sehingga cocok untuk membersihkan debu di dashboard mobil Anda dengan lebih mudah. Setiap celah sempit yang bisa dijangkau sehingga proses pembersihan menjadi lebih mudah dan cepat. Gunakan masker dan jangan lupa membawa hand sanitizer, perhatikan tips membersihkan interior mobil agar terhindar dari virus.

    2. Interior Cleaner

    Bisa dibilang pembersih ini terhitung paling ampuh. Anda tinggal meratakan Interior Cleaner di seluruh bagian dashboard. Lalu diamkan selama 15 menit agar cairan tersebut bekerja dengan maksimal. Jika sudah, lanjutkan proses pembersihan dengan mengelap menggunakan kain lap microfiber atau kanebo. 

    Masih ada noda membandel? Berarti Anda sebagai pemilik mobil perlu melakukannya lagi hingga noda tersebut hilang. Hasilnya adalah dashboard menjadi lebih mengkilap dan berbagai noda atau kotoran yang menempel pada dashboard akan terangkat. Ingat, sebaiknya gunakan Interior Cleaner yang berbahan water base.

    3. Sikat Berbulu Halus

    Alat pembersih dashboard berikutnya adalah sikat berbulu halus. Keunggulan dari penggunaan sikat ini adalah bisa menjangkau bagian yang sulit dijangkau oleh tangan sekaligus menghilangkan debu. Dashboard mobil pun tidak akan lecet juga karena bahan bulunya suka pasti lebih halus ketika digunakan.

    4. Tisu Bayi

    Selanjutnya, ada beberapa produk rumah tangga yang bisa Anda maksimalkan untuk membersihkan dashboard. Tisu bayi menjadi salah satunya. Anda tinggal mengusapkan tisu ke bagian dashboard yang kotor secara rutin. Dengan kelembaban yang ada di dalam tisu bayi, maka hasilnya lebih efektif dibandingkan menggunakan kain kering.