Berita

    Memahami Pentingnya Minyak Rem pada Mobil

    Minyak rem adalah salah satu komponen yang cukup penting dalam penggunaan transportasi seperti mobil. Dengan menggunakan komponen ini, maka rem mobil akan lebih mudah dikendalikan saat perjalanan lalu lintas.

    Lantas, apa saja jenis-jenis minyak pada rem mobil? Mengapa minyak ini sangat penting digunakan untuk kendaraan mobil? Hal ini tentu harus Anda pahami dengan menyimak penjelasan berikut ini.

    Jenis Minyak Rem pada Mobil

    Minyak untuk rem mobil memiliki jenis-jenis dengan kandungan dan karakteristik yang berbeda. Setidaknya terdapat 4 jenis minyak yang perlu Anda ketahui untuk rem mobil. Apa saja itu?

    • DOT 3

    Minyak yang mempunyai kandungan bahan dari glycol ether sehingga dapat bercampur dan menyerap air tanpa mengubah wujud dari minyak itu sendiri. 

    Jenis minyak DOT 3 ini memiliki titik didih terendah yaitu 205 derajat celcius. Sehingga minyak harus diganti secara tepat waktu agar tidak merusak cat atau karet dan mencegah terjadinya karat pada rem.

    • DOT 4

    DOT 4 memiliki kandungan bahan yaitu glycol ether dan borate ester dengan titik didih mencapai 230 derajat celcius. Jenis minyak ini biasanya digunakan pada mobil-mobil antik karena menggunakan sistem rem dengan suhu yang tinggi.

    • DOT 5

    DOT 5 memiliki kandungan bahan silicone dengan titik didih tertinggi mencapai 270 derajat celcius. Karakteristik rem ini tidak dapat menyerap air dan tidak merusak cat sehingga cocok dipakai untuk semua jenis karet rem dan dalam kondisi lembab.

    • DOT 5.1

    Minyak DOT 5.1 memiliki kandungan bahan glycol ether dan borate ester di dalamnya. Jenis minyak ini adalah penyempurnaan dari tipe DOT 5 yang bagus sebagai pelumas untuk rem mobil. 

    Fungsi Minyak Rem pada Mobil

    Freepik

    Setelah mengetahui beberapa jenis minyak pada rem mobil, penting juga untuk mengetahui apa saja fungsi dari menggunakan komponen satu ini. Berikut beberapa kegunaan dari minyak yang penting untuk rem mobil.

    • Pelumas Mobil

    Fungsi utama dari komponen ini tentu digunakan sebagai pelumas mobil untuk melumas bagian sparepart yang terbuat dari logam seperti cakram dan kampas.