Berita

    Memahami Kap Mesin dan Peranannya pada Mobil

    Salah satu bagian mobil yang seringkali tidak diperhatikan adalah kap mesin mobil. Kap mobil tidak hanya sekedar sebagai penutup mesin atau aksesoris, kap mobil juga memiliki fungsi lainnya yang cukup penting dan mungkin belum Anda ketahui.

    Umumnya, kap mobil ini terbuat dari berbagai jenis bahan. Misalnya, aluminium foil, glasswool, dan bahkan ada yang terbuat dari campuran dua bahan tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai fungsi kap mobil, jangan lewatkan ulasan lengkapnya berikut ini!

    4 Fungsi Penting Kap Mesin Mobil

    Terdapat beberapa fungsi penting dari kap mobil yang perlu Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya:

    • Menjaga Suhu Mesin

    Pada saat mesin mobil bekerja, tentu akan membuat suhu mesin menjadi meningkat dan bahkan bisa menjadi sangat panas jika Anda memaksa mobil untuk bekerja lebih keras. Maka dari itu, peran kap mobil sangat dibutuhkan disini. 

    Kap mobil dapat membantu menjaga suhu mesin tetap stabil. Sekalipun panas, namun tetap dalam batas normal. Dengan membuat suhu mesin tetap stabil, tentu akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih hemat.  

    • Meredam Bunyi Mesin Mobil

    Setiap mesin mobil tentu akan mengeluarkan suara ketika sedang bekerja. Hal ini terkadang akan cukup mengganggu baik bagi pengendara mobil itu sendiri atau bahkan bagi orang lain. 

    Di sinilah pentingnya kehadiran kap mobil, karena dapat meredam suara bising yang ditimbulkan dari nyalanya mesin dan meresonansi di antara komponen mobil lainnya. Suara yang dihasilkan pun tidak akan terlalu mengganggu Anda. 

    • Mencegah Terjadinya Radiasi

    Fungsi penting lainnya dari kehadiran kap mobil adalah mencegah radiasi yang dapat ditimbulkan dari berbagai komponen mobil. Salah satu efek radiasi yang dapat timbul adalah hadirnya bekas yang timbul pada cat mesin. 

    Seringkali hal ini tidak dipedulikan oleh pemilik mobil, namun jika dibiarkan terus menerus akan membuat bekas belang di bagian bawah kap mesin yang diakibatkan oleh suhu panas hingga uap akibat aki mobil. 

    Namun dengan adanya kap mobil, akan meminimalisir radiasi yang terjadi. Namun Anda juga perlu secara rutin memperhatikan kondisi kap mobil sehingga tetap terjaga kondisinya.

    • Pelindung Mesin 

    Fungsi penting lainnya tentunya adalah untuk melindungi bagian mesin mobil dari berbagai hal yang mengganggu. Anda tentu paham bahwa mesin mobil merupakan bagian yang sangat penting dalam kinerja kendaraan Anda. 

     

    melindungi mesinPexels.com

    Maka dari itu dengan adanya kap mobil, mampu melindungi mesin mobil Anda agar dapat tetap bekerja secara optimal. Bahkan dapat tetap bekerja dalam berbagai kondisi entah itu dalam cuaca panas atau hujan. 

    Cara Merawat Kap Mobil

    Agar kap mobil Anda tetap dalam kondisi yang prima, berikut ini beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk merawat kap mobil:

    • Membersihkannya Rutin

    Pastikan Anda selalu membersihkan kap mobil secara rutin dengan air serta sabun khusus yang lembut. Hindari mengandalkan bahan kimia keras, sebab ia dapat merusak material kap dan catnya. 

    Dengan membersihkan kap mobil secara berkala, tentu akan membuat kondisi kap tetap prima.

    • Memeriksa Rubber Seal

    Periksalah kondisi rubber seal yang ada di sekitar kap. Anda perlu memastikan bahwa seal tidak rusak. Karena jika seal mengalami kerusakan akan memungkinkan debu, air, atau kotoran lain masuk ke dalam ruang mesin mobil.

    • Ketahui Tanda Kerusakan 

    Anda juga perlu lebih jeli dalam memeriksa kondisi kap. Pastikan tidak terdapat retak, karat, atau tanda kerusakan lain.