Berita

    Ini Dia Penyebab & Cara Mengatasi AC Mobil Mendesis

    Pernahkah Anda mengalami kondisi AC mobil mendesis namun angin yang keluar tidak terasa dingin sehingga suhu kabin tetap panas? Ternyata, hal tersebut tidak hanya karena kapasitas freon yang habis, tapi ada beberapa penyebab lainnya. 

    Bisa karena thermostat yang rusak, katup ekspansi yang ternyata buntu, dan lain sebagainya. Tentunya, setiap permasalahan yang terjadi pada AC mobil membutuhkan penanganan yang berbeda. Seperti apa? Berikut informasinya.  

    Penyebab Suara AC Mobil Mendesis dan Cara Mengatasinya

    Walaupun telah dirawat sebaik mungkin agar performa AC tetap terjaga, namun risiko AC mulai bermasalah tetap tidak bisa dihindari. Salah satu yang kerap terjadi adalah munculnya suara mendesis. 

    Untuk lebih memahami kenapa bisa terjadi, berikut ini berbagai penyebab AC mobil terdengar mendesis dan cara mengatasinya. 

            1. Freon Kurang atau Habis

    Hal pertama yang kerap dijadikan prediksi ketika terjadi permasalahan pada AC mobil adalah kapasitas freon yang kurang atau justru habis. 

    Kondisi freon yang habis membuat kompresor menekannya dengan kencang agar sistem pendinginan bisa tetap beroperasi dengan baik. Kencangnya freon yang melewati komponen katup ekspansi inilah yang menyebabkan suara mendesis pada AC. 

    Untuk mengatasinya, perlu pengecekan kapasitas freon secara berkala dan segera melakukan pengisian agar freon tidak sampai habis.  

            2. Thermostat Rusak

    Ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi udara yang melintasi blower dan suhu AC. Saat thermostat rusak, maka fungsi pengukur suhu menjadi tidak akurat sehingga sensor akan memberikan perintah kepada kompresor untuk bekerja secara optimal. 

    Hal inilah yang kemudian membuat aliran freon berjalan lebih cepat sehingga menyebabkan timbulnya suara mendesis. Untuk mengatasi permasalahan ini harus dilakukan pembongkaran AC mobil. 

    Sebab, pengecekan biasa tidak akan bisa membantu memastikan kondisi thermostat. Jika tidak bisa, sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel resmi terdekat. 

            3. Katup Ekspansi yang Buntu

    AC mobil mendesis juga bisa terjadi karena bagian katup ekspansi mampet atau buntu. Katup tersebut merupakan lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan freon dengan tekanan tinggi ke bagian evaporator yang bertekanan rendah. 

    Untuk mengatasi katup ekspansi yang bermasalah tersebut bisa dengan cara membersihkannya secara teratur.